XL Smart Resmi Beroperasi, Gimana Nasib Pengguna Axis Setelah Merger Ini?
Selasa, 22 April 2025 oleh jurnal
XLSmart Resmi Meluncur, Bagaimana Nasib Pelanggan AXIS, XL, dan Smartfren?
Kabar gembira bagi pengguna XL, AXIS, dan Smartfren! Meskipun XLSmart resmi beroperasi sejak 16 April 2025, ketiga brand tersebut tetap akan eksis. David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XLSmart, menegaskan tidak akan ada rebranding untuk XL, AXIS, maupun Smartfren. Perubahan hanya terjadi pada nama perusahaan induk, dari XL Axiata menjadi XLSmart.
XLSmart akan menerapkan strategi multi-brand dengan segmentasi pelanggan yang spesifik. "Setiap brand memiliki fokus dan target pasar yang jelas, sehingga proposisi nilai dan strateginya pun berbeda," jelas David. Ia juga meyakinkan bahwa penggabungan XL Axiata dan Smartfren tidak akan mengganggu layanan pelanggan. Integrasi telah dipersiapkan matang selama bertahun-tahun untuk menjamin kelancaran transisi.
"Satu-satunya perubahan yang diharapkan pelanggan adalah peningkatan pengalaman, bukan hilangnya layanan atau metode pembayaran," tegas David.
David menambahkan, baik pelanggan pascabayar, prabayar, maupun hybrid tidak akan terpengaruh oleh proses integrasi. Semua metode pembayaran akan tetap tersedia. Dari sisi jaringan, XLSmart berkomitmen untuk memastikan pengalaman pelanggan tetap optimal.
Tak hanya pelanggan, karyawan XL Axiata dan Smartfren juga tak perlu khawatir. Presiden Komisaris XLSmart, Arsjad Rasjid, menegaskan komitmen perusahaan untuk tidak melakukan PHK. Jeremiah Ratadhi, Director & Chief Human Resources Officer, menambahkan bahwa saat ini tidak ada rencana rasionalisasi. Namun, jika di masa depan diperlukan, prinsip "people is our most valued asset" akan tetap dipegang teguh dengan menerapkan prinsip leave and shift dan no loss policy.
Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan layanan XLSmart:
1. Cek Jaringan Secara Berkala - Pastikan jaringan XL, AXIS, atau Smartfren stabil di lokasi Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pengukur sinyal untuk memeriksa kekuatan sinyal.
2. Pilih Paket yang Sesuai - XLSmart menawarkan beragam paket data, telepon, dan SMS. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
Misalnya, jika Anda sering menggunakan internet, pilihlah paket data unlimited.
3. Manfaatkan Promo - XLSmart seringkali menawarkan promo menarik. Pantau terus informasi promo melalui aplikasi atau website resmi.
4. Hubungi Customer Service - Jika mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi customer service XLSmart. Mereka siap membantu 24/7.
5. Gunakan Aplikasi MyXL - Aplikasi MyXL memudahkan Anda untuk mengelola akun, membeli paket, dan mengakses berbagai layanan XLSmart.
6. Update Informasi Terbaru - Ikuti media sosial XLSmart untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk, layanan, dan promo.
Apakah merger ini akan mempengaruhi harga paket internet? - Pertanyaan dari Ani
"Saat ini belum ada rencana untuk mengubah harga paket internet. Kami berkomitmen untuk tetap memberikan harga yang terjangkau bagi pelanggan." - David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XLSmart
Bagaimana dengan kualitas jaringan setelah merger? - Pertanyaan dari Budi
"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Integrasi jaringan XL Axiata dan Smartfren justru akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kapasitas." - Yessie D. Yosetya, Direktur Technology XL Axiata
Apakah akan ada perubahan pada layanan roaming? - Pertanyaan dari Citra
"Layanan roaming akan tetap tersedia. Kami akan terus mengembangkan layanan roaming untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang bepergian ke luar negeri." - Dian Siswarini, President Director & CEO XL Axiata (2015-2022)
Apakah karyawan Smartfren akan dipindahkan ke XL Axiata? - Pertanyaan dari Dedi
"Saat ini tidak ada rencana pemindahan karyawan secara besar-besaran. Kami berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan pekerjaan karyawan baik dari XL Axiata maupun Smartfren." - Arsjad Rasjid, Presiden Komisaris XLSmart