Temukan Alasan Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Laris Manis di Pasaran hingga kini jadi incaran utama

Minggu, 25 Mei 2025 oleh jurnal

Temukan Alasan Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Laris Manis di Pasaran hingga kini jadi incaran utama

Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Tetap Jadi Idola? Ini Alasannya!

Toyota Kijang Innova, termasuk varian terbarunya, Zenix, memang selalu punya tempat spesial di hati masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kamu? Ternyata, Innova Reborn yang bermesin diesel masih menjadi primadona, lho!

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa total penjualan Innova Reborn dan Zenix mencapai angka yang fantastis, yaitu 21.120 unit. Dari angka tersebut, Innova Reborn berhasil memimpin dengan penjualan sebanyak 9.545 unit. Sementara itu, Zenix non-hybrid terjual 3.163 unit, dan Zenix hybrid mencatatkan angka 8.503 unit.

"Indonesia itu unik. Kebutuhan konsumennya beragam. Itulah kenapa Toyota menyediakan banyak pilihan," ujar Anton Jimmi, Chief Executive Auto2000, saat ditemui di PIK 2, Jakarta Utara.

Menurut Anton, saat ini terjadi pergeseran tren. Banyak konsumen yang beralih dari mobil bensin ke diesel, atau bahkan ke hybrid. "Permintaan mobil bensin murni semakin menurun. Konsumen sekarang lebih memilih diesel, seperti Innova Reborn, atau hybrid. Dan tren hybrid ini semakin lama semakin meningkat," tambahnya.

Sebagai informasi, Auto2000 berkontribusi sekitar 40 persen dari total penjualan Toyota secara nasional.

"Kalau Auto2000 menjual sekitar 2.000-an unit. Untuk Zenix, komposisi antara hybrid dan non-hybrid kira-kira fifty-fifty. Dari Zenix yang terjual, sekitar 80-90 persen adalah varian hybrid. Sedangkan Innova Reborn yang terjual, hampir 100 persen adalah varian diesel," jelasnya.

Perlu diketahui, mesin diesel memang hanya tersedia pada Innova Reborn. Sementara Innova Zenix seluruhnya menggunakan mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin tersebut dipadukan dengan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Selain desainnya yang masih kental dengan aura MPV, salah satu faktor yang membuat Innova Reborn tetap digemari adalah penggerak roda belakang (rear wheel drive) yang dimilikinya.

Di sisi lain, Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Generasi ketujuh Kijang Innova ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame yang digunakan pada Kijang generasi sebelumnya. Selain itu, Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

Supaya Toyota Kijang Innova Reborn Diesel kesayanganmu tetap nyaman dan performanya terjaga, yuk simak beberapa tips perawatan berikut ini:

1. Rutin Ganti Oli Mesin - Oli mesin adalah darahnya mesin. Pastikan kamu mengganti oli mesin secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Biasanya, penggantian oli dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin diesel Innova Reborn untuk menjaga performa dan keawetan mesin.

Contohnya, gunakan oli dengan spesifikasi SAE 15W-40 atau sesuai rekomendasi buku manual kendaraan.

2. Perhatikan Filter Bahan Bakar - Filter bahan bakar berfungsi menyaring kotoran yang ada pada bahan bakar sebelum masuk ke mesin. Filter yang kotor dapat menyebabkan mesin tersendat dan performa menurun. Ganti filter bahan bakar secara berkala, idealnya setiap 20.000 km atau setahun sekali.

Jika kamu sering mengisi bahan bakar di tempat yang kurang terpercaya, sebaiknya lakukan penggantian filter lebih sering.

3. Jaga Kebersihan Sistem Pendingin - Sistem pendingin yang bersih akan mencegah mesin mengalami overheat. Periksa kondisi air radiator secara berkala dan pastikan tidak ada kebocoran. Lakukan flushing radiator setiap 40.000 km atau dua tahun sekali untuk membersihkan kerak dan kotoran yang menumpuk di dalam sistem pendingin.

Gunakan coolant yang berkualitas untuk mencegah korosi dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

4. Periksa Kondisi Turbocharger - Turbocharger adalah komponen penting pada mesin diesel Innova Reborn yang berfungsi meningkatkan tenaga mesin. Pastikan kamu memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum mulai berkendara, terutama saat mesin dalam kondisi dingin. Hal ini akan membantu melumasi turbocharger dengan baik dan mencegah kerusakan.

Selain itu, hindari mematikan mesin secara tiba-tiba setelah melakukan perjalanan jauh. Biarkan mesin idle selama beberapa menit agar turbocharger mendingin terlebih dahulu.

Mengapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel masih banyak diminati, ya? Kata Pak Budi sih begitu.

Menurut pengamat otomotif ternama, Om Mobi, "Innova Reborn Diesel itu kombinasi yang pas antara ketangguhan mesin, kenyamanan, dan nilai jual kembali yang tinggi. Mesin dieselnya bandel, irit bahan bakar, dan perawatannya relatif mudah. Makanya, banyak yang masih setia sama Innova Reborn Diesel."

Apa bedanya Innova Reborn Diesel dengan Innova Zenix? Kata Bu Ani kok beda banget.

Menurut Anton Jimmi, Chief Executive Auto2000, "Perbedaan mendasar ada pada mesin, platform, dan penggerak roda. Innova Reborn Diesel pakai mesin diesel, platform ladder frame, dan penggerak roda belakang. Sementara Innova Zenix pakai mesin bensin (ada yang hybrid), platform TNGA, dan penggerak roda depan. Jadi, karakternya memang beda."

Apakah Innova Zenix lebih irit bahan bakar daripada Innova Reborn Diesel? Kata Mas Joko sih iritan Zenix.

Menurut Ujianto, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, "Untuk varian hybrid, Innova Zenix memang lebih irit bahan bakar dibandingkan Innova Reborn Diesel. Tapi, untuk varian bensin non-hybrid, konsumsi bahan bakarnya mungkin tidak jauh berbeda, bahkan bisa sedikit lebih boros tergantung gaya mengemudi."

Bagaimana cara merawat Innova Reborn Diesel agar tetap awet? Kata Mbak Rina harus telaten.

Menurut seorang mekanik senior dari bengkel resmi Toyota, "Kunci utama merawat Innova Reborn Diesel adalah rutin melakukan servis berkala sesuai dengan buku manual. Perhatikan penggantian oli, filter-filter, dan komponen lainnya. Selain itu, gunakan bahan bakar berkualitas dan hindari kebiasaan buruk seperti mematikan mesin secara tiba-tiba setelah perjalanan jauh."

Apakah harga spare part Innova Reborn Diesel lebih mahal dari Innova Zenix? Kata Pak Slamet sih lebih mahal Reborn.

Menurut seorang pemilik toko spare part otomotif, "Secara umum, harga spare part Innova Reborn Diesel dan Innova Zenix tidak terlalu jauh berbeda. Namun, beberapa komponen khusus mesin diesel mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan komponen mesin bensin. Sebaiknya, lakukan perbandingan harga di beberapa toko sebelum membeli spare part."