Inilah Sensasi Skutik Rasa Mobil, Desain Mirip PCX160, Honda NS150GX Bikin Penasaran saat berkendara

Kamis, 8 Mei 2025 oleh jurnal

Inilah Sensasi Skutik Rasa Mobil, Desain Mirip PCX160, Honda NS150GX Bikin Penasaran saat berkendara

Skutik Rasa Mobil? Kenalan dengan Honda NS150GX, Si Ganteng Mirip PCX160!

Pecinta skutik, siap-siap terkejut! Honda kembali bikin gebrakan dengan menghadirkan NS150GX 2025. Jika selama ini kita terpukau dengan PCX160, maka NS150GX ini adalah level selanjutnya. Kabarnya, skutik ini pertama kali meluncur di Tiongkok dan langsung mencuri perhatian. Mari kita bedah apa saja yang membuatnya istimewa!

Desain Futuristik yang Memikat Hati

Coba bayangkan PCX160 yang mendapatkan sentuhan desain yang lebih modern dan agresif. Itulah gambaran singkat tentang NS150GX. Garis bodinya lebih tajam, memberikan kesan futuristik yang kuat. Perbedaan paling mencolok ada pada desain lampu depan. Jika PCX identik dengan format "X", NS150GX hadir dengan desain baru yang mengingatkan kita pada robot canggih di film-film masa depan. Penambahan windshield yang lebih tinggi juga semakin mempertegas kesan gagah dan siap berpetualang.

Fitur Canggih Ala Mobil Mewah

NS150GX tidak hanya mengandalkan tampang yang menawan, tapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang biasanya kita temukan pada mobil mewah. Salah satunya adalah dashcam bawaan! Ya, kamera yang merekam perjalanan ini sudah terintegrasi langsung dengan motor. Selain itu, ada juga sistem pemantau tekanan ban real-time. Jadi, kita tidak perlu lagi repot-repot mengecek tekanan ban secara manual. Semuanya bisa dipantau langsung dari dashboard.

Kokpit Digital yang Bikin Ngiler

Bicara soal dashboard, NS150GX benar-benar memanjakan pengendaranya. Panel TFT full color yang modern ini bisa terhubung ke smartphone melalui sistem T-Box. Mau navigasi? Tinggal koneksikan smartphone dan ikuti petunjuk arah di layar. Mau cek notifikasi? Juga bisa! Selain itu, tersedia juga dua port USB untuk mengisi daya gadget selama perjalanan. Benar-benar skutik masa kini!

Kenyamanan Jadi Prioritas Utama

Honda sepertinya sangat memperhatikan kenyamanan pengendara dan penumpang NS150GX. Jok bertingkatnya didesain khusus agar nyaman diduduki berjam-jam. Tinggi joknya 764mm, sangat ideal untuk postur tubuh kebanyakan pengendara di Indonesia. Bagasinya juga cukup luas, muat untuk menyimpan helm full-face. Bahkan, tersedia opsi tas belakang berkapasitas 30 liter bagi yang hobi touring atau belanja bulanan.

Merawat skutik kesayangan itu penting banget, lho! Selain bikin tampilan tetap kinclong, perawatan rutin juga bisa memperpanjang umur motor kamu. Yuk, simak tips-tips berikut ini agar skutik kamu selalu dalam kondisi prima:

1. Rutin Ganti Oli Mesin - Oli mesin itu ibarat darah bagi mesin motor. Ganti oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Biasanya, penggantian oli dilakukan setiap 2.000-3.000 km atau setiap 2-3 bulan sekali. Jangan tunda-tunda ya, agar mesin motor kamu tetap awet!

Contoh: Jika kamu menggunakan oli dengan kualitas bagus, kamu bisa menggantinya setiap 3.000 km. Tapi, jika kamu sering menggunakan motor untuk perjalanan jauh atau kondisi jalan yang berat, sebaiknya ganti oli lebih sering.

2. Periksa dan Ganti Filter Udara - Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Filter udara yang kotor bisa menghambat aliran udara dan membuat performa motor menurun. Periksa filter udara secara berkala dan bersihkan jika kotor. Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Contoh: Idealnya, filter udara diganti setiap 10.000 km atau setahun sekali. Tapi, jika kamu sering berkendara di daerah berdebu, sebaiknya periksa dan bersihkan filter udara lebih sering.

3. Cek Kondisi Busi - Busi adalah komponen penting dalam sistem pembakaran. Busi yang aus atau kotor bisa menyebabkan motor sulit dihidupkan atau performanya menurun. Periksa kondisi busi secara berkala dan bersihkan jika kotor. Jika elektroda busi sudah aus, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Contoh: Busi sebaiknya diganti setiap 8.000-10.000 km atau setahun sekali. Tapi, jika kamu sering merasakan gejala mesin tersendat atau sulit dihidupkan, segera periksa kondisi busi.

4. Perhatikan Tekanan Angin Ban - Tekanan angin ban yang ideal sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Tekanan angin yang kurang bisa membuat ban cepat aus dan meningkatkan risiko kecelakaan. Periksa tekanan angin ban secara rutin, minimal seminggu sekali, dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan.

Contoh: Biasanya, tekanan angin ban depan skutik adalah 29 psi dan ban belakang 33 psi. Tapi, pastikan untuk selalu mengecek rekomendasi tekanan angin ban yang tertera pada stiker di dekat jok atau di buku manual.

5. Rutin Servis CVT - CVT (Continuously Variable Transmission) adalah sistem transmisi otomatis pada skutik. Servis CVT secara rutin penting untuk menjaga performa dan keawetan transmisi. Servis CVT biasanya meliputi pembersihan dan pelumasan komponen CVT, serta penggantian v-belt jika sudah aus.

Contoh: Servis CVT sebaiknya dilakukan setiap 10.000-12.000 km. Tapi, jika kamu sering merasakan gejala CVT berdecit atau performa motor menurun, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa.

6. Cuci Motor Secara Teratur - Mencuci motor secara teratur tidak hanya membuat tampilan motor tetap kinclong, tapi juga bisa mencegah karat dan kerusakan pada komponen motor. Cuci motor dengan sabun khusus motor dan bilas dengan air bersih. Jangan lupa keringkan motor setelah dicuci.

Contoh: Idealnya, motor dicuci seminggu sekali. Tapi, jika kamu sering berkendara di daerah berlumpur atau berdebu, sebaiknya cuci motor lebih sering.

Apakah Honda NS150GX ini sudah dijual di Indonesia, ya, Pak? – Tanya Budi

"Halo, Mas Budi! Saat ini, Honda NS150GX memang belum resmi dipasarkan di Indonesia. Namun, kita tunggu saja kabar baiknya dari Astra Honda Motor (AHM). Biasanya, jika ada potensi pasar yang bagus, AHM tidak akan ragu untuk memboyong model-model terbaru ke Indonesia," jawab Bapak Sigit Kumala, Ketua Bidang Komunikasi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Fitur dashcam bawaan di NS150GX itu merekamnya otomatis atau bagaimana, ya, Mbak? – Tanya Ani

"Halo, Mbak Ani! Biasanya, dashcam bawaan pada motor seperti NS150GX akan merekam secara otomatis saat motor dinyalakan. Jadi, pengendara tidak perlu repot-repot menyalakan atau mematikannya secara manual. Rekaman tersebut biasanya disimpan dalam memori internal atau eksternal, dan bisa diakses melalui aplikasi di smartphone," jelas Mbak Ika Puspita, seorang content creator otomotif.

Apakah tinggi jok NS150GX (764mm) itu cocok untuk postur tubuh saya yang 165 cm, ya, Mas? – Tanya Joko

"Halo, Mas Joko! Tinggi jok 764mm sebenarnya masih cukup ideal untuk postur tubuh 165 cm. Tapi, ada baiknya dicoba langsung saat motornya sudah tersedia di dealer. Dengan mencoba langsung, Mas Joko bisa merasakan apakah kaki masih bisa menapak dengan nyaman saat berhenti," saran Mas Fitra Eri, seorang reviewer otomotif ternama.

Sistem T-Box di NS150GX itu bisa digunakan untuk apa saja, ya, Bu? – Tanya Rina

"Halo, Ibu Rina! Sistem T-Box pada NS150GX itu fungsinya banyak sekali, lho! Selain untuk navigasi dan menampilkan notifikasi dari smartphone, T-Box juga bisa digunakan untuk memantau kondisi motor, seperti tekanan ban, suhu mesin, dan lain-lain. Bahkan, beberapa motor yang dilengkapi T-Box juga bisa diakses dari jarak jauh melalui aplikasi smartphone," terang Ibu Neta S. Pane, Ketua Forum Wartawan Otomotif (Forwot).