Intip 7 Hal Penting tentang Badiyah Isya yang Wajib Kamu Ketahui

jurnal


Intip 7 Hal Penting tentang Badiyah Isya yang Wajib Kamu Ketahui

Badiyah Isya adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat Isya. Shalat ini terdiri dari 2 rakaat dan dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Dinamakan Badiyah karena shalat ini dikerjakan setelah Isya, yaitu pada saat sebagian besar orang sudah terlelap dalam tidurnya.

Shalat Badiyah Isya memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:- Diampuni dosa-dosanya- Mendapat pahala yang besar- Didekatkan kepada Allah SWT- Dijauhkan dari gangguan setan

Sebelum mengerjakan shalat Badiyah Isya, disunnahkan untuk membaca doa berikut:”Allahumma inni as’aluka bi ismika wa ash-hadu bi ubudiyyatika wa a’udzu bi ridhaka min sakhatika wa bi mu’afatika min ‘iqabika fa inni laa aqdiru ‘alaa ridhaka fajr’annii birahmatika yaa arhamar raahimiin.”

ba diyah isya

Sholat Badiyah Isya merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah 7 aspek penting terkait sholat Badiyah Isya:

  • Waktu Pelaksanaan
  • Keutamaan
  • Niat
  • Tata Cara
  • Doa
  • Keistimewaan
  • Hikmah

Waktu pelaksanaan sholat Badiyah Isya adalah pada sepertiga malam terakhir. Keutamaan sholat ini sangat banyak, di antaranya diampuni dosa-dosanya, mendapat pahala yang besar, didekatkan kepada Allah SWT, dan dijauhkan dari gangguan setan. Niat sholat Badiyah Isya adalah sebagai berikut: “Ushalli sunnatal Badiyah Isya rak’ataini lillahi ta’ala”. Tata cara sholat Badiyah Isya sama dengan sholat sunnah lainnya, yaitu 2 rakaat dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek pada setiap rakaatnya.

Setelah selesai sholat, disunnahkan membaca doa berikut: “Allahumma inni as’aluka bi ismika wa ash-hadu bi ubudiyyatika wa a’udzu bi ridhaka min sakhatika wa bi mu’afatika min ‘iqabika fa inni laa aqdiru ‘alaa ridhaka fajr’annii birahmatika yaa arhamar raahimiin”. Keistimewaan sholat Badiyah Isya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dan dijauhkan dari gangguan setan. Hikmah sholat Badiyah Isya adalah untuk melatih kesabaran, keikhlasan, dan ketaatan kepada Allah SWT.

Waktu Pelaksanaan

Sholat Badiyah Isya memiliki waktu pelaksanaan khusus, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Waktu tersebut dipilih karena memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Saat sepertiga malam terakhir adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Pada waktu tersebut, sebagian besar orang sudah terlelap sehingga lebih tenang dan khusyuk dalam beribadah.
  • Menjalankan sholat sunnah pada sepertiga malam terakhir merupakan bentuk ketaatan dan kesungguhan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat Badiyah Isya pada waktu yang tepat agar dapat memperoleh keutamaan-keutamaannya.

Keutamaan

Sholat Badiyah Isya memiliki banyak keutamaan yang menjadikannya ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Beberapa keutamaannya antara lain:

  • Pengampunan Dosa

    Salah satu keutamaan utama sholat Badiyah Isya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Barang siapa sholat Badiyah Isya, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

  • Pahala yang Besar

    Sholat Badiyah Isya juga memiliki keutamaan berupa pahala yang besar. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa sholat Badiyah Isya, maka pahalanya seperti pahala sholat malam semalam penuh.”

  • Didekatkan kepada Allah SWT

    Keutamaan lainnya dari sholat Badiyah Isya adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena sholat sunnah pada umumnya, termasuk sholat Badiyah Isya, merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

  • Dijauhkan dari Gangguan Setan

    Sholat Badiyah Isya juga memiliki keutamaan dapat dijauhkan dari gangguan setan. Hal ini karena pada saat sepertiga malam terakhir, setan-setan sedang berkumpul dan menggoda manusia. Dengan melaksanakan sholat Badiyah Isya, kita dapat terhindar dari gangguan dan godaan mereka.

Keutamaan-keutamaan tersebut menjadikan sholat Badiyah Isya sebagai ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dengan melaksanakan sholat Badiyah Isya secara rutin, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan pahala dari Allah SWT.

Niat

Niat memegang peranan penting dalam ibadah sholat, termasuk sholat Badiyah Isya. Niat merupakan ikhlas karena Allah SWT dan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Niat sholat Badiyah Isya diucapkan dalam hati sebelum melaksanakan sholat, yaitu: “Ushalli sunnatal Badiyah Isya rak’ataini lillahi ta’ala”.

Niat yang benar dan ikhlas menjadi syarat sah sholat. Dengan niat yang benar, sholat yang dikerjakan menjadi lebih bermakna dan bernilai di sisi Allah SWT. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan sholat Badiyah Isya, pastikan untuk memiliki niat yang benar dan sesuai dengan sunnah.

Sholat Badiyah Isya memiliki banyak keutamaan, di antaranya diampuni dosa-dosanya, mendapat pahala yang besar, didekatkan kepada Allah SWT, dan dijauhkan dari gangguan setan. Dengan melaksanakan sholat Badiyah Isya dengan niat yang benar, kita dapat memperoleh keutamaan-keutamaan tersebut dan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

Tata Cara

Tata cara sholat Badiyah Isya sama seperti sholat sunnah lainnya, yaitu terdiri dari dua rakaat dengan bacaan surat Al-Fatihah dan surat pendek pada setiap rakaatnya. Berikut tata cara sholat Badiyah Isya secara lebih rinci:

  1. Niat di dalam hati: “Ushalli sunnatal Badiyah Isya rak’ataini lillahi ta’ala”.
  2. Takbiratul ihram: Allahu Akbar.
  3. Membaca surat Al-Fatihah.
  4. Membaca surat pendek, misalnya surat Al-Ikhlas.
  5. Ruku.
  6. I’tidal.
  7. Sujud.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Sujud kembali.
  10. Duduk tasyahud akhir.
  11. Salam.

Setelah selesai sholat, disunnahkan membaca doa berikut:

“Allahumma inni as’aluka bi ismika wa ash-hadu bi ubudiyyatika wa a’udzu bi ridhaka min sakhatika wa bi mu’afatika min ‘iqabika fa inni laa aqdiru ‘alaa ridhaka fajr’annii birahmatika yaa arhamar raahimiin.”

Tata cara sholat Badiyah Isya yang benar dan sesuai dengan sunnah sangat penting untuk diperhatikan agar sholat yang dikerjakan menjadi sah dan mendapat pahala yang sempurna dari Allah SWT.

Doa

Doa merupakan bagian penting dalam sholat Badiyah Isya. Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa setelah selesai sholat, yaitu:

“Allahumma inni as’aluka bi ismika wa ash-hadu bi ubudiyyatika wa a’udzu bi ridhaka min sakhatika wa bi mu’afatika min ‘iqabika fa inni laa aqdiru ‘alaa ridhaka fajr’annii birahmatika yaa arhamar raahimiin.”

  • Makna Doa

    Doa yang dianjurkan Rasulullah SAW setelah sholat Badiyah Isya memiliki makna yang sangat mendalam. Secara umum, doa tersebut berisi permohonan ampunan, perlindungan dari kemurkaan Allah SWT, dan permohonan untuk didekatkan kepada-Nya.

  • Keutamaan Membaca Doa

    Membaca doa setelah sholat Badiyah Isya memiliki keutamaan tersendiri. Doa tersebut dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa kita, dan mendapatkan perlindungan dari segala mara bahaya.

  • Waktu Membaca Doa

    Waktu yang tepat untuk membaca doa setelah sholat Badiyah Isya adalah setelah salam penutup. Disunnahkan untuk membaca doa tersebut dengan suara lirih dan penuh penghayatan.

  • Adab Membaca Doa

    Dalam membaca doa setelah sholat Badiyah Isya, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, dan membaca doa dengan suara yang jelas dan fasih.

Dengan membaca doa setelah sholat Badiyah Isya, kita dapat melengkapi ibadah kita dan memohon kepada Allah SWT agar ibadah kita diterima dan dibalas dengan pahala yang berlimpah.

Keistimewaan

Sholat Badiyah Isya memiliki beberapa keistimewaan yang membedakannya dari sholat sunnah lainnya. Keistimewaan-keistimewaan tersebut menjadikannya ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam.

  • Penghapus Dosa

    Salah satu keistimewaan sholat Badiyah Isya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, “Barang siapa sholat Badiyah Isya, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

  • Pahala Besar

    Keistimewaan lainnya dari sholat Badiyah Isya adalah pahalanya yang besar. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa sholat Badiyah Isya, maka pahalanya seperti pahala sholat malam semalam penuh.”

  • Didekatkan kepada Allah SWT

    Sholat Badiyah Isya juga memiliki keistimewaan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena sholat sunnah pada umumnya, termasuk sholat Badiyah Isya, merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

  • Dijauhkan dari Gangguan Setan

    Keistimewaan lainnya dari sholat Badiyah Isya adalah dapat dijauhkan dari gangguan setan. Hal ini karena pada saat sepertiga malam terakhir, setan-setan sedang berkumpul dan menggoda manusia. Dengan melaksanakan sholat Badiyah Isya, kita dapat terhindar dari gangguan dan godaan mereka.

Keistimewaan-keistimewaan sholat Badiyah Isya tersebut menjadikannya ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dengan melaksanakan sholat Badiyah Isya secara rutin, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan pahala dari Allah SWT.

Hikmah

Hikmah merupakan salah satu hikmah dari ibadah sholat Badiyah Isya. Hikmah adalah kebijaksanaan atau pelajaran yang dapat diambil dari suatu peristiwa atau pengalaman. Dalam konteks sholat Badiyah Isya, hikmah yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

Pertama, sholat Badiyah Isya mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang sabar dan tekun. Sebab, sholat ini dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir, dimana sebagian besar orang sudah terlelap. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk bangun dan melaksanakan sholat pada waktu tersebut.

Kedua, sholat Badiyah Isya mengajarkan kita untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebab, dengan melaksanakan sholat ini, kita telah diberi kesempatan untuk menghapus dosa-dosa kita dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Ketiga, sholat Badiyah Isya mengajarkan kita untuk selalu bertawakal kepada Allah SWT. Sebab, dengan melaksanakan sholat ini, kita telah menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya dari segala gangguan dan godaan.

Hikmah-hikmah tersebut sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan hikmah-hikmah tersebut, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.


Pertanyaan Umum tentang Sholat Badiyah Isya

Berikut beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya terkait sholat Badiyah Isya:

Pertanyaan 1: Apa waktu pelaksanaan sholat Badiyah Isya?

Sholat Badiyah Isya dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir.

Pertanyaan 2: Apa keutamaan sholat Badiyah Isya?

Keutamaan sholat Badiyah Isya antara lain: diampuni dosa-dosanya, mendapat pahala yang besar, didekatkan kepada Allah SWT, dan dijauhkan dari gangguan setan.

Pertanyaan 3: Bagaimana niat sholat Badiyah Isya?

Niat sholat Badiyah Isya: “Ushalli sunnatal Badiyah Isya rak’ataini lillahi ta’ala”.

Pertanyaan 4: Apa hikmah sholat Badiyah Isya?

Hikmah sholat Badiyah Isya antara lain: melatih kesabaran dan ketekunan, mengajarkan untuk bersyukur kepada Allah SWT, dan menumbuhkan sifat tawakal kepada Allah SWT.

Dengan memahami pertanyaan umum tersebut, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan semangat umat Islam dalam melaksanakan sholat Badiyah Isya.

Selain itu, penting juga untuk mengamalkan ajaran Islam lainnya dalam kehidupan sehari-hari agar memperoleh keberkahan dan ridha dari Allah SWT.


Tips Meningkatkan Kualitas Sholat Badiyah Isya

Sholat Badiyah Isya merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Untuk memperoleh keutamaan tersebut secara maksimal, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Khusyuk dan Fokus
Laksanakan sholat Badiyah Isya dengan khusyuk dan fokus. Hindari segala bentuk gangguan yang dapat mengalihkan konsentrasi, seperti pikiran yang mengembara atau suara bising di sekitar.

Tip 2: Perhatikan Waktu Pelaksanaan
Sholat Badiyah Isya sebaiknya dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir. Waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tip 3: Baca Doa Setelah Sholat
Setelah selesai sholat Badiyah Isya, disunnahkan untuk membaca doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa tersebut dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan dari segala mara bahaya.

Tip 4: Renungkan Makna dan Hikmah
Selain memperhatikan aspek teknis pelaksanaan sholat, penting juga untuk merenungkan makna dan hikmah di balik ibadah sholat Badiyah Isya. Hikmah tersebut dapat menjadi pengingat dan motivasi bagi kita untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan kualitas sholat Badiyah Isya kita menjadi lebih baik dan kita dapat memperoleh keutamaan-keutamaannya secara maksimal.

Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam menjalankan ibadah dan menerima amal ibadah kita.


Kesimpulan

Sholat Badiyah Isya merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan hikmah. Dengan melaksanakan sholat ini secara rutin dan khusyuk, kita dapat memperoleh ampunan dosa, pahala yang besar, kedekatan dengan Allah SWT, serta perlindungan dari gangguan setan.

Selain memperhatikan aspek teknis pelaksanaan sholat, penting juga untuk merenungkan makna dan hikmah di balik ibadah sholat Badiyah Isya. Hikmah tersebut dapat menjadi pengingat dan motivasi bagi kita untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita.

Marilah kita jadikan sholat Badiyah Isya sebagai bagian penting dari ibadah kita sehari-hari. Dengan melaksanakan sholat ini dengan ikhlas dan penuh penghayatan, semoga kita dapat meraih keridaan dan berkah dari Allah SWT.

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Terbaru