PENGEMBANGAN SISTEM POSYANDU UNTUK PENGELOMPOKAN GIZI PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE DI POSYANDU DELIMA

Purwadi Purwadi, Andi Hendrawan

Abstract


Abstract: Delima Posyandu is a place that facilitates parents to check the situation of children under five, toddlers and children underneath is stable or not from an early age. In Posyandu Delima there are still no nutritional groupings for children, due to the difficulty in grouping children's nutrition due to the lack of facilities now available at Posyandu. With the development of the Posyandu system for grouping children based on nutrition using the Prototype method, the grouping that did not yet exist and was difficult could be carried out. The Posyandu system development has received the feasibility value obtained from 4 respondents, the value obtained is 86.96% which means that the development of the Posyandu system is very feasible to use.


Keyword: Prototype, Nutrition, Grouping, Posyandu


Abstrak: Posyandu Delima merupakan sebuah tempat yang memfasilitasi para orang tua untuk mengecek keadaan anak balita, batita dan anak di bawahnya dalam keadaan stabil atau tidak sejak dini. Di Posyandu Delima masih belum adanya pengelompokan gizi terhadap anak, dikarenakan sulitnya pengelompokan gizi anak yang disebabkan kurangnya fasilitas yang sekarang tersedia di Posyandu. Dengan adanya pengembangan sistem Posyandu untuk mengelompokan anak berdasarkan gizi yang menggunakan metode Prototype, maka pengelompokan yang sebelumnya belum ada dan sulit bisa terlaksana. Pengembangan system Posyandu ini sudah mendapatkan nilai kelayakan yang didapatkan dari 4 responden, nilai yang didapat adalah 86,96% yang artinya pengembangan system Posyandu ini sangat layak untuk digunakan.


Keyword: Prototype, Gizi, Pengelompokan, Posyandu


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 1996. prosedur penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi RevisiKelima. PT. Rineka Cipta, Jakarta. Atmadjati, A. (2012). Era Maskapai Saat Ini;Website Base. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian, edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta :Rineka Cipta.

Black, Henry Campbell. 1990.Black’s Law Dictionary. USA: West Publishing.

Fajarianto, Otto. 2016. PROTOTYPE PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KOMPLAIN MAHASISWA BERBASIS MOBILE. STMIK Bina Sarana Global.

Hadi, Sony Sulistyo. 2013. APLIKASI PENGENALAN SISTEM TATA SURYA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Hariri, Wawan Muhwan. Pengantar Ilmu Hukum, Pustaka Setia, Bandung, 2012.

Ifeyinwa Angela Ajah, John Otozi Ugah. (2013). Comparative Analysis of Software Development Methodologies. Volume 3, Issue 6, June.

Luhut M.P. Pangaribuan, Advokat dan Contempt of Court; Satu Proses di Dewan Kehormataan Profesi, Penerbit Djambatan, Jakarta, 2002.

Musfiroh, Lia dan kawan-kawan. 2014. Penerapan Algoritma Collision Detection dan Boids pada Game Dokkaebi Shooter dengan Metode Prototype. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Muria Kudus.

Muzid, Syaiful dan Noor Latifah. 2015. PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN INFORMASI DESA (SiLISA) TERINTEGRASI BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. Program Studi Sistem Informasi. Universitas Muria Kudus.

Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta.

Purwadi, Andi Hendrawan: [Pengembangan Sistem Posyandu Untuk Pengelompokan Gizi Pada Anak …] 138

Pressman, Roger S.2010. Software Engineering: A Practitioners’ Aproach Sition. Seventh Edition. ANDI. Yogyakarta.

Purnomowati, Ida, dkk. 2007. Ragam Olahan Bandeng. Cetakan I. Yogyakarta : Kanisius

Rifa’arunisa, Eri Satria, Rinda Cahyana. 2014. PENGEMBANGAN APLIKASI ZAKAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN NETODE PROTOTYPE. Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Robert G Murdick, dkk. 1991. Sistem Informasi Untuk Manajemen Modern. Jakarta:Erlangga.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta: Andi.

Wahyuno, Nanda Fitra. 2015. RANCANG BANGUN GAME PEWAYANGAN ANOMAN OBONG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. Sekolah Tinggi Teknik Malang




DOI: https://doi.org/10.31848/ensains.v3i2.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats