KUALITAS PRODUK DAN HARGA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PONSEL PRODUK CHINA (Kasus: Persepsi Mahasiswa Universitas Kebangsaan)

Suharyanto Suharyanto

Abstract


Abstract: The cellular product especially handphone usage in Bandung city grows fast recently. The owner and the management of businesses of these products needs to give attention to customers focused on satisfaction through such as product quality and prices. It’s related to the growth of business targets.  In cellular (handphones) product industrial system, the customers need to fulfill their needs and wants on communication equipments with the others using handphones product quality, and price according to satisfy them.  These reasons according to their business targets. This article discuss the results of the research about relationships of product quality and price which effects to customers satisfaction of chinese brands handphone products, viewed from perception of University Kebangsaan students.  By using qualitative approach and descriptive analysis, the independent variables are product quality and price and the dependent variable is customers satisfaction. The analysis provided using multiple linier regression model based on data collected using questionnaires method of 60 respondents of students. The result of the research shows that the product quality and price give effects to customer satisfaction about 42,4%, and 57,6% from other variables. The multiple linier regression model constructed is Y=0,454X1+0,355X2+0,963 where Y: customer satisfaction, X1: product quality, X2: product price.

Keywords: product quality, product price, customer satisfaction

Abstrak: Penggunaan produk seluler khususnya telepon seluler pada masa sekarang tumbuh cepat di Kota Bandung. Pemilik usaha dan manajemen bisnis produk ini menaruh perhatian pada konsumen dengan penekanan pada kepuasan pelanggan yang dapat dipengaruhi oleh   kualitas produk dan harga produk. Hal ini berhubungan dengan target bisnis mereka. Dalam sistem industri seluler (telepon seluler), konsumen perlu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain melalui kualitas produk, dan harga yang dapat untuk memuaskan mereka. Artikel ini menunjukkan hasil pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen produk telepon seluler merk china, menurut persepsi mahasiswa Universitas Kebangsaan. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis despkriptif, variabel bebas adalah kualitas produk, dan harga produk serta variabel terikat adalah kepuasan konsumen. Analisis menggunakan model regresi linier berganda berdasarkan data dari 60 responden mahasiswa.  Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sekitar 42,4% dan 57,6% dari variabel lain. Model regresi linier ganda yang terbentuk adalah Y=0,454X1+0,355X2+0,963, dimana Y: kepuasan pengguna, X1: kualitas produk, X2: harga produk. .

Kata kunci: kualitas produk, harga produk, kepuasan pelanggan 


Full Text:

PDF

References


BPS Jawa Barat. (2018). Jawa Barat dalam Angka 2018. Bandung: BPS Jawa Barat.

Cooper, Donald. R., Schindler, Pamela S., (2008). Business Research Methods, New York: Mc. Graw Hill International, 10th ed.

Fitradi, Amin Dwi. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ponsel Samsung di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat menggunakan IBM SPSS 19. Cetakan ke-V. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Greener, Sue. (2008). Business Research Methods, Ventus Publishing ApsS.

Heizer, Jay. and Render, Barry. (2008). Operations Management. New Jersey: Pearson International Education, 9th ed.

Juran, Joseph M and Godfrey, A. Blanton.(1999).Juran’s Quality Handbook.USA: Mc Graw Hill Co.

Knowles, Graeme. (2011). Quality Management. Ventus Publishing.

Kottler,P., Keller, KL., (2009). Marketing Management, NewJersey: Pearson Educ., 13th ed.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management .Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kurniawan, A., (2014). “Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis”, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Lailiya, Imamatul. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Oppo pada Mahasiswa UN PGRI Kediri. Simki-Economic Vol. 01 No. 03 Tahun 2017.

Lind, DA., Marshal, WG., Wathen, Samuel A. (2007). Statistical Techniques in Business and Economics. New York: Mc. Graw Hill Co.

Lindauer, Roman and Zak, Ladislav. (2018). Ethics of Quality. Prague: Bookboon.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, Berbasis Kompetensi. Ed. 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mega, Maretia T. dan Harsono, Soni. 2013. Pengaruh Harga, Nilai Manfaat dan Kualitas terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Blackberry di Surabaya. Journal of Business and Banking. Volume 3, No. 2, November 2013, pages 135 – 150.

Misbahuddin dan Hasan, Iqbal,(2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Montgomery,D.C. (2009). Statistical Quality Control. New Jersey: John Wiley and Sons, 6thed.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Edisi-1 Cet ke-2. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Parasuraman, Zeithaml, Berry. (1988). A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality, Journal of Retailing, Volume 64 No. 1. 1988.

Riduwan dan Sunarto. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Schiffman, Leon G. and Kanuk, Leslie L.(2007). Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Ed.Inc.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta, cet. ke-17.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Ghalia Indonesia

Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, cet.-3, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.31848/ensains.v2i3.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.