ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN PADASUKA KECAMATAN CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG

Purwadi Purwadi

Abstract


Abstract: The purposes of this study were to determine service quality at Padasuka Kelurahan Office Bandung Regency. The research was qualitative research with inductive data analysis with 3 (three) informants comprising Padasuka Kelurahan officials and the people as major sources. Data analysis technique used by the researcher was descriptive data analysis, with the findings thatservice quality at Padasuka Kelurahan Officehad not been having good quality. It was seen from several aspects, namely: (a) Timeliness of service,including timeout; (b) Accuracy of service; (c) Easinessin providing service, namely s upport facilities such as computers that were still fewer in number; (d) Convenience in obtaining services relating to the place of service, parking area, information availability, and others; (e) Other supporting attributes, such as air-conditioned waiting rooms.

 

Keywords: Timeliness, Accuracy of service, Easiness, Convenience,Other Supporting Attributes

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas layanan di Kantor Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis data induktif dengan 3 (tiga) informan yang terdiri dari pejabat Kelurahan Padasuka dan masyarakat sebagai sumber utama. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis data deskriptif, dengan temuan bahwa kualitas layanan pada Kantor Kelurahan Kecamatan Cimenyan belum memiliki kualitas yang baik. Itu dilihat dari beberapa aspek, yaitu: (a) Ketepatan waktu layanan, termasuk timeout; (B) Akurasi layanan; (c) Kemudahan memberikan layanan, yaitu fasilitas pendukung seperti komputer yang jumlahnya masih lebih sedikit; (d) Kenyamanan dalam memperoleh layanan yang berkaitan dengan tempat layanan, area parkir, ketersediaan informasi, dan lain-lain; (e) Atribut pendukung lainnya, seperti ruang tunggu ber-AC.

 

Kata kunci: Ketepatan waktu, Akurasi layanan, Kemudahan, Kenyamanan, Atribut Pendukung Lainnya


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Nazir, Moh. 2008. Metode Penelitian, Ghalia, Jakarta.

Tehnik dokumentasi, sample dapat berupa bahan bahan dokumenter, prasati, legenda, dan sebagainya (Bungin, 2001:173).

Perda Bupati Bandung Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

Purwanto, Erwan, Agus. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial, Gava Media, Yogyakarta.

Wijaya, K. (2017). Perubahan Fungsi Lingkungan Terbangun di Koridor Jalan Cigondewah Kota Bandung. ARCADE, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.31848/arcade.v1i1.13

Wijaya, K., & Permana, A. Y. (2018). Textile Tourism Image as an Identity of Cigondewah in Bandung City Textile Tourism Image as an Identity of Cigondewah in Bandung City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 213(1), 12012. http://doi.org/10.1088/1755-1315/213/1/012012

W. Lawrence Neuman (2007). Teknik penerikan sampel atau penentuan informan dikelompokkan ke dalam dua kategori besar: Kualitatif dan Kuantitatif.

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa,andi Offset, Yogyakarta.

UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.31848/ensains.v2i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats